PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ MELALUI PEMBERDAYAAN ANAK BERBAKAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VA SD N 07 KOTA BENGKULU

Rosidin, Beni and Dadi, Sri and Lusa , Herman (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ MELALUI PEMBERDAYAAN ANAK BERBAKAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VA SD N 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ben-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ben-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran aktif tipe team quiz melalui pemberdayaan anak berbakat, meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS siswa kelas VA SD N 07 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe team quiz melalui pemberdayaan anak berbakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas VA SD N 07. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah (1) langkah-langkah pembelajaran aktif tipe team quiz melalui pemberdayaan anak berbakat terdiri dari 8 tahap (a) tahap orientasi (b) pembentukan tim (c) penugasan (d) eksplorasi (e) presentasi materi (f) pengecekan pemahaman (g) refleksi (h) evalasi formatif. (2) aktivitas pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh dua orang pengamat, aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata 45,75 kategori cukup meningkat di siklus II 55,25 kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 44,75 kategori cukup meningkat di siklus II 51,75 kategori baik. (3) Hasil belajar siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh; nilai kognitif LDS pada sisklus I diperoleh rata-rata 64,37 dengan ketuntasan belajar klasikal 50% meningkat pada siklus II 71,25 dengan ketuntasaan belajar klasikal 100%. Nilai tes siklus I diperoleh rata-rata tes 64,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 60% meningkat di siklus II rata-rata tes 75,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,3%. Pada lembar penilaian afektif siklus I diperoleh rata-rata skor 10,95 dengan kategori cukup dan 16 orang siswa yang mendapat kategori baik. Meningkat pada siklus II menjadi rata-rata skor sebesar 12,6 dengan kriteria baik, siswa yang mendapat kategori baik sebanyak 29 orang siswa. Lembar penilaian psikomotor siklus I diperoleh rata-rata skor 6,98 dengan kategori cukup dan 17 orang siswa yang mendapat kategori baik. Meningkat pada siklus II dengan rata- rata skor 7,77 dengan kriteria baik, siswa yang mendapat kategori baik sebanyak 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe team quiz melalui pemberdayaan anak berbakat dapat: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran aktif tipe team quiz melalui pemberdayaan anak berbakat, (2) meningkatkan aktivitas pembelajaran dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD N 07 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 15:19
Last Modified: 13 Oct 2014 15:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item