PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE POINT COUNTER POINT (PCP) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR

Saputra, Dendi and Wurjinem, Wurjinem and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE POINT COUNTER POINT (PCP) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-den-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-den-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS siswa kelas VA SDN 07 Kota Bengkulu dengan menerapkan model kooperatof tipe point counter point (pcp) melalui penggunaan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas VA SDN 07. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah, siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 42,25 kategori baik meningkat di siklus II 46,5 kategori baik. Rata- rata observasi aktivitas siswa siklus I 37,75 kategori cukup meningkat di siklus II 44 kategori baik. Siklus 1 diperoleh rata-rata tes 50,01 dengan ketuntasan belajar klasikal 45,16% meningkat di siklus II rata-rata tes 78,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,32%. Persentase aspek afektif menanggapi siklus I 43,54%, siklus II 64,91%. Menerima siklus I 43,54%, siklus II 74,16%. Mengelola siklus I 46,77%, siklus II 67,73%. Menilai siklus I 48,38%, siklus II 60,96%. Menghayati siklus I 48,38%, siklus II 62,09%. Persentase aspek psikomotor artikulasi siklus I 29,03%, siklus II 54,83%. Memanipulasi siklus I 27,81%, siklus II 61,28%. Menirukan siklus I 37,09%, siklus II 61,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe point counter point (pcp) melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SDN 07 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 16:06
Last Modified: 13 Oct 2014 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8924

Actions (login required)

View Item View Item