PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 17 KOTA BENGKULU

Gozali, Denmas and Winarni, Endang Widi and Yuliantini, Nani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-den-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-den-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL tipe CPS pada siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) aktivitas guru pada siklus I skor 30 kategori cukup, dan skor meningkat menjadi 38,5 kategori baik pada siklus II; (2) aktivitas siswa pada siklus I skor 29,5 kategori cukup, dan skor meningkat menjadi 38,25 kategori baik pada siklus II; (3) hasil tes pada siklus I rata 6,74 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,53%, meningkat menjadi 8,28 dengan ketuntasan belajar klasikal 97,37 % pada siklus II; (4) hasil belajar aspek afektif untuk aspek menanggapi siklus I sebesar 31,57%, siklus II meningkat menjadi 65,79%, aspek mematuhi siklus I sebesar 26,31%, siklus II meningkat menjadi 63,16%, aspek mengelola siklus I sebesar 28,94%, siklus II meningkat menjadi 60,53%, aspek menilai siklus I sebesar 36,84%, siklus II meningkat menjadi 71,05%; (5) hasil belajar aspek psikomotor untuk aspek memanipulasi siklus I sebesar 44,73%, siklus II meningkat menjadi 63,16%, aspek artikulasi siklus I sebesar 36,84%, siklus II meningkat menjadi 57,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL tipe CPS dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada Kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 08:48
Last Modified: 15 Oct 2014 08:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item