PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Yulita, Erni and Resnani, Resnani and Dadi, Sri (2014) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ern-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ern-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu melalui penerapan strategi DRTA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran yang terdiri dari (a) aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 28 pada kriteria cukup, siklus II diperoleh skor 31 masih berada pada kriteria cukup dan meningkat pada siklus III dengan skor 37,5 pada kriteria baik, (b) aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 27,5 pada kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 31 masih berada pada kriteria cukup dan meningkat lagi pada siklus III dengan rata- rata skor 37 pada kriteria baik. (2) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang terdiri dari (a) kognitif pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 52%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 74,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 64% dan meningkat lagi pada siklus III dengan rata-rata nilai 82,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 88%, (b) afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor 8,44, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 9,52 dan meningkat lagi pada siklus III dengan rata-rata skor 10,32. (c) psikomotor pada siklus I diperoleh rata- rata skor 5,72, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 6,33 dan meningkat lagi pada siklus III dengan rata-rata skor 8,16. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi DRTA dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:11
Last Modified: 15 Oct 2014 09:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8945

Actions (login required)

View Item View Item