UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PICTURE AND PICTUREDI KELAS III B SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Gustarina, evita and Dadi, Sri and Lusa , Herman (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PICTURE AND PICTUREDI KELAS III B SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,I-14-evi-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-evi-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas IIIB SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu dengan menerapkan model picture and picture. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIB SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis.Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan prosentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan rata-rata skor. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) Perolehan rata-rata skor terhadap aktivitas guru dan juga siswa yaitu pada aktivitas guru diperoleh skor 31,25 dengan kategori baik pada siklus I,meningkat menjadi 36 dengan kategori baik di siklus II, serta pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor 31 dengan kategori baik pada siklus I , meningkat menjadi 35,5 dengan kategori baik pada siklus II.(2) Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran SBK adalah 7,88 dengan prosentase ketuntasan belajar 92,59% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 7,96 dengan prosentase ketuntasanbelajar 92,59 %. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA adalah 8,48 dengan prosentase ketuntasan belajar 88,89% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 8,66 dengan prosentase ketuntasanbelajar 100 %. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran PKn adalah 8,14 dengan prosentase ketuntasan belajar 85,19% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 8,22 dengan prosentase ketuntasanbelajar 92,59 %. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS adalah 7,77 dengan prosentase ketuntasan belajar 74,08% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 8,12 dengan prosentase ketuntasanbelajar 96,30 %. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Matematika adalah 6,86 dengan prosentase ketuntasan belajar 51,86% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 7,92 dengan prosentase ketuntasanbelajar 81,49%. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 7,95 dengan prosentase ketuntasan belajar 88,89% dan meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 7,98 dengan prosentase ketuntasanbelajar 88,89 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan menerapkan model picture and picture dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas IIIB SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:15
Last Modified: 15 Oct 2014 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item