PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THING PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Kusmiati , Heti and Karjiyati, Victoria and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THING PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-het-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-het-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe TPS melalui metode Inquiri terbimibing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian guru dan siswa SDN 02 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terenda, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) aktivitas pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata observasi guru 31,25 dan meningkat pada siklus II yaitu 42,25. Aktivitas pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata observasi siswa 32,25 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 40, (2) hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 69,52 dengan ketuntasan belajar 61,75% dan meningkat pada siklus II rata-rata sebesar 79 dengan ketuntasan belajar 88%. (3) nilai afektif siswa pada siklus I dengan kategori baik aspek “menerima” yaitu sebesar 20,58%, meningkat pada siklus II sebesar 66,17%, aspek “menanggapi’ sebesar 20,58%, meningkat menjadi 69,11%, aspek “menilai” sebesar 22,05%, meningkat menjadi 61,76%, aspek “mengelola” yaitu sebesar 20,58%, meningkat menjadi 74,99%, aspek “menghayati” yaitu sebesar 17,64%, meningkat menjadi 72,05. Nilai psikomotor siswa pada siklus I dengan kategori sangat terampil aspek “menirukan” yaitu sebesar 26,46%, meningkat pada siklus II menjadi 67,64%, aspek “memanipulasi” yaitu sebesar 17,64% meningkat menjadi 72,05%, aspek “pengalamiahan” yaitu sebesar 16,17%, meningkat menjadi 73,52%, aspek “artikulasi” yaitu sebesar 13,23%, meningkat menjadi 74,99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Kooperatif tipe TPS Melalui Metode Inquiri dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:26
Last Modified: 15 Oct 2014 09:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item