PEMBUATAN GAMBAR DENGAN TEKNIK KOLASE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PRINSIP REDUCE, REUSE, RECYCLE (3R) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Oktariani, Oktariani and Hasnawati, Hasnawati and Winarni, Endang Widi (2014) PEMBUATAN GAMBAR DENGAN TEKNIK KOLASE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PRINSIP REDUCE, REUSE, RECYCLE (3R) DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-okt-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-okt-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembuatan gambar dengan teknik kolase dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV SD Negeri 1 Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman siswa tentang prinsip 3R dengan kemampuan membuat kolase. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 55 orang. Sampel penelitian ini 100% dari jumlah populasi. Instrumen penelitian berupa hasil tes membuat gambar kolase, lembar angket yang terdiri dari 49 item yang mengukur pemahaman siswa tentang prinsip 3R dan dokumentasi proses pembuatan gambar kolase siswa kelas IVSD Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 langkah dalam pembuatan gambar dengan teknik kolase yaitu membuat sketsa, memilih bahan dan alat, dan penempelan bahan. Hasil dari perhitungan korelasi menunjukkan bahwa r hitung = 0,626 yang berada pada arah positif dengan interpretasi nilai r pada interval 0,60- 0,80 sehingga tingkat hubungan antara dua variabel dikategorikan memiliki hubungan yang kuat, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,266. Dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih besar daripada r tabel dengan taraf signifikan 5%. Dengan kata lain Hipoteis alternatif diterima dan disetujui. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman siswa tentang prinsip 3R dengan kemampuan membuat kolase pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:41
Last Modified: 15 Oct 2014 09:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item