PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGI (ICT) DI KELAS V SD N 1 KOTA BENGKULU

Agusta, Ook Aven and Winarni, Endang Widi and Dadi, Sri (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGI (ICT) DI KELAS V SD N 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ook-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA aspek kognitif, aspek afektif pada sikap ilmiah, aspek psikomotor pada keterampilan proses dengan menerapkan pendekatan STM dengan pendekatan interaktif berbasis ICT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen I, kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VI A sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan aspek kognitif siswa antara penerapan pendekatan STM dan pendekatan interaktif, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan aspek afektif pada sikap ilmiah siswa antara penerapan pendekatan STM dan pendekatan interaktif, (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan hasil belajar aspek psikomotor pada keterampilan proses siswa antara penerapan pendekatan STM dan pendekatan interaktif. Dengan demikian H 0 yang diterima

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:50
Last Modified: 15 Oct 2014 09:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8956

Actions (login required)

View Item View Item