Yani, Rimondi and Wurjinem, Wurjinem and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, SERTA MENGEMBANGKAN KARAKTER (PTK DI KELAS IVB SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-rim-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-rim-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar, serta mengembangkan karakter pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini guru dan siswa kelas IVB SDN 74 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan teknik analisis data observasi, data hasil belajar, dan data penilaian karakter, Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah: Aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 39,25 dengan kategori “cukup”, meningkat pada siklus II sebesar 49,25 dengan kategori “baik”. Aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 38,75 dengan kategori “cukup”, meningkat pada siklus II sebesar 48,28 dengan kategori “baik”. Adapun untuk hasil tes siklus I nilai rata- rata 61,07 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 62,85%, meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi 71,28 dan ketuntasan belajar secara klasikal 80,00%. Hasil belajar ranah afektif dengan nilai rata-rata siklus I aspek menghayati 49,99 meningkat pada siklus II menjadi 71,42, siklus I aspek menanggapi 45,71 meningkat pada siklus II menjadi 69,96, siklus I aspek menilai 44,28 meningkat pada siklus II menjadi 67,14, dan siklus I aspek menerima 51,42 meningkat pada siklus II menjadi 75,71. Hasil belajar ranah psikomotor meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ranah psikomotor siklus I aspek memanipulasi 51,42 meningkat pada siklus II menjadi 69,99, siklus I aspek artikulasi 48,56 meningkat siklus II menjadi 68,56, siklus I aspek pengalamiahan 57,13 meningkat pada siklus II menjadi 75,71, dan siklus I aspek menirukan 59,99 meningkat pada siklus II menjadi 79,99. Sedangkan nilai karakter menunjukkan hasil pengembangan nilai karakter yang paling tinggi yaitu nilai peduli sosial dengan persentase sebesar 38,57%, dan indikator yang paling rendah yaitu rasa ingin tahu dengan persentase sebesar 31,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas, hasil Belajar, serta mengembangkan karakter semangat kebangsaan di kelas IVB SDN 74 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 10:15 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 10:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8965 |
Actions (login required)
View Item |