PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Hiliani, Sipti and Hartuti, Pudji and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVA SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sip-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sip-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SD Negeri 52 kota Bengkulu dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, data hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 39,5 pada kriteria cukup, siklus II meningkat menjadi 45,25 pada kategori baik. Siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 39 kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 43 kategori baik. Ketuntasan belajar secara klasikal siklus I sebesar 64,70% dan nilai rata-rata 6,85. Siklus II ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 88,23% dan nilai rata-rata menjadi 8,08. Hasil belajar ranah afektif aspek menerima siklus I 48,52% siklus II meningkat menjadi 67,64%, menanggapi siklus I 49,99% siklus II meningkat menjadi 72,05%, menilai siklus I 49,99% siklus II meningkat menjadi 73,52%, mengelola siklus I 48,52% siklus II meningkat menjadi 69,11%, menghayati siklus I 49,99% siklus II meningkat menjadi 72,03%. Untuk ranah psikomotor aspek menirukan siklus I 52,93% siklus II meningkat menjadi 72,05% memanipulasi siklus I 49,99% siklus II meningkat menjadi 67,64%, pengalamiahan siklus I 52,93% siklus II meningkat menjadi 72,05%, artikulasi siklus I 55,88% siklus II meningkat menjadi 74,99%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVA SD Negeri 52 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:24
Last Modified: 15 Oct 2014 10:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8967

Actions (login required)

View Item View Item