Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V SDN O3 Pelabai Kabupaten Lebong

Kurniawan, Budi and Idrus, Irdam and Hasnawati, Hasnawati (2014) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Pada Materi Gaya Magnet Siswa Kelas V SDN O3 Pelabai Kabupaten Lebong. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-bud-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-bud-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiridari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Pelabai Kabupaten Lebong. instrumen yang digunakan lembar aktivitas guru dan siswa,nilai pos tes dan LKS. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan klasikal. Hasil belajar siklus I rata-rata 7,125 dengan ketuntasan klasikal 62,5 % meningkat pada siklus II menjadi 8,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Dari analisis data menunjukan pada siklus I data hasil aktivitas guru sebesar 31,5 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 35 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan guru dan siswa, khususnya siswa kelas V SDN 03 Pelabai Kabupaten Lebong

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:29
Last Modified: 15 Oct 2014 10:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item