PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 113 BENGKULUSELATAN

Marlenawati, Dinsi and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 113 BENGKULUSELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I V,V,LAMP,I-14-din-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-din-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik.Jenis penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian guru dan siswa, instrument digunakan lembar observasi guru,siswa dan lembar tes.Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor. Data test dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai presentase ketuntasan belajar kelasikal. Dari analisis data pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan skor 29 kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 34 kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 28,5 kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi sebesar 34, kategori baik. Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 64,84 ketuntasan belajar klasikal 53,47%, meningkat pada siklus II 82,03 ketuntasan belajar klasikal 84,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar khususnya siswa kelas v SD negeri 113 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:35
Last Modified: 15 Oct 2014 10:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8970

Actions (login required)

View Item View Item