PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 02 KELAM TENGAH

Edwarman, Edwarman and Idrus, Irdam and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 02 KELAM TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-edw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-edw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan metode eksperimen panda pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 02 Kelam Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dare 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu penggunaan metode eksperimen dan variabel dependen yaitu peningkatan prestasi belajar. Instrumen yang digunakan terdiri dare lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata – rata skor dan kriteria skor sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata – rata skor dan kriteria skor dan sedangkan data tes di analisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu panda siklus I diperoleh nilai rata – rata skor observasi guru sebesar 31 dengan kriteria baik dan rata- rata skor observasi siswa sebesar 23 dengan kriteria baik, panda siklus II rata – rata skor observasi guru meningkatkan menjadi 33 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal panda siklus I sebesar 64 % dengan nilai rata – rata 68 kriteria cukup. Pada Siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 88 % dengan nilai rata – rata meningkat menjadi 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya di Kelas SD Negeri 02 Kelam Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:42
Last Modified: 15 Oct 2014 10:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item