UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 35 BENGKULU SELATAN

Faridah, Faridah and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 35 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-far-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-far-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 35 Bengkulu Selatan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode peta konsep. Subjek penelitian ini dilakukan kelas VI 35 Bengkulu Selatan dengan 28 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu : (1) meningkatnya aktivitas belajar : (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 43,5 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 49 dengan kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh 43,5 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 48,5 dengan kategori baik, (2) meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 70,25 dengan ketuntasan klasilkal 67,85 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 73,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta konsep dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:05
Last Modified: 15 Oct 2014 11:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item