Derawati, Farles and Idrus, Irdam and Hasnawati, Hasnawati (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 25BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-far-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-far-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan melalui penerapan Model Problem Based Learning(2)untukmeningkatkan, keaktifan guru dan siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus,dimana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada siklus I pengamatan terhadap aktivitas guru skor = 21 dengan kategori cukup ,meningkat pada siklus II skor menjadi 27 dengan kategori baik. Pengamatan terhadap aktivitas siswa skor = 19 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II skor menjadi 27 dengan kategori baik. Hasil belajarsiswa pada siklus I nilai rata-rata 76,9, didapat persentase ketuntasan belajar 53,8 %, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 87,6 dengan presentase ketuntasan belajar 92,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktivan siswa dan guru serta hasil belajar siswa pada proses pembelajaran siswa di kelas V SD Negeri 25 Bengkulu Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 11:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 11:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8979 |
Actions (login required)
View Item |