PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 84 BENGKULU SELATAN (Classroom Action Research)

Lukaspin, Lukaspin and Winarni, Endang Widi and Kustianti, Sri Ken (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD NEGERI 84 BENGKULU SELATAN (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-luk-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-luk-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 84 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 84 Bengkulu Selatan tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, Lembar Tes. Analisis data observasi menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah dan kisaran nilai untuk tiap kriteria sedangkan data nilai akhir siswa menggunakan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yakni : Siklus I diperoleh nilai rata – rata lembar observasi aktivitas Guru sebesar 33,75 kategori cukup (C), nilai rata – rata lembar observasi aktivitas siswa sebesar 33 kategori cukup(C), dan siklus II nilai rata – rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 41,75 kategori baik (B), nilai rata – rata lembar observasi aktivitas siswa sebesar 39,5 kategori baik (B). Nilai Rata – rata tes siklus I Yakni 7,4,ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67% dan nilai rata – rata tes siklus II yakni 8,67. Ketuntasan belajar klasikal 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 84 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:46
Last Modified: 15 Oct 2014 11:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item