PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR

Mardiana, Mardiana and Idrus, Irdam and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mar-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mar-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw dan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas dua Siklus, dimana tiap Siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru skor 32 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kategori baik, observasi aktivitas siswa skor 31 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kategori baik, hasil belajar siswa nilai rata-rata 81,4 dengan ketuntasan 71,4%, meningkat pada siklus II nilai rata-rata 90,7 dengan ketuntasan 89,2%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut melalui penerapan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:51
Last Modified: 15 Oct 2014 11:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item