PENERAPAN STRATEGI Know-Want To Know-Learned (KWL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Ernawati, Nini and Yuliantini, Nani and Bahar, Amrul (2014) PENERAPAN STRATEGI Know-Want To Know-Learned (KWL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-nin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,I-14-nin-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD N 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur melalui penerapan strategi KWL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang dilaksanakan secara siklus persiklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembartes. Tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai untuk setiap kriteria. Hasil yang diperoleh melalui penelitian inii yaitu: (1) Meningkatkan aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia. (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata skor 71 dengan criteria cukup, padasikus II nilai rata-rata skor 83 dengan criteria baik. (b) Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata skor 73 dengan criteria cukup, pada siklus II nilai rata-rata 87,5 dengan criteria baik.(2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa 85 dengan ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi KWL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 01 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 12:40
Last Modified: 15 Oct 2014 12:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item View Item