Marlena, Nova and Winarni, Endang Widi and Kustianti, Sri Ken (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) DI KELAS V SDN 01 PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (33MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (33MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiridari 4 tahap yaitu,perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis menggunakan data rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I hasil aktivitas guru sebesar 27 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 33 dengan kategori baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 32,5 dengan kategori baik. Hasil belajar siklus I rata-rata 6,9 dengan ketuntasan klasikal 46,6 % meningkat pada siklus II menjadi 7,92 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,6 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan guru dan siswa, khususnya siswa kelas V SDN 01 Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 12:52 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 12:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8989 |
Actions (login required)
View Item |