UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) DI KELAS V SDN 01 PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR

Marlena, Nova and Winarni, Endang Widi and Kustianti, Sri Ken (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) DI KELAS V SDN 01 PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (33MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiridari 4 tahap yaitu,perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar tes. Data tes dianalisis menggunakan data rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I hasil aktivitas guru sebesar 27 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 33 dengan kategori baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 32,5 dengan kategori baik. Hasil belajar siklus I rata-rata 6,9 dengan ketuntasan klasikal 46,6 % meningkat pada siklus II menjadi 7,92 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,6 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan guru dan siswa, khususnya siswa kelas V SDN 01 Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 12:52
Last Modified: 15 Oct 2014 12:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8989

Actions (login required)

View Item View Item