UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKA MANUSIA DAN AKAR TUMBUHAN PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SDN 02 TANJUNG KEMUNING KAUR

Hermandeko, Novi and Rohiat, Rohiat and Djuwita, Puspa (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKA MANUSIA DAN AKAR TUMBUHAN PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SDN 02 TANJUNG KEMUNING KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-nov-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa serta aktivitas guru,pada mata pelajaran IPA dikelas IV di SDN 02 Tanjung Kemuning melalui penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisa data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 33 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 35 dengan kreteria baik.dan rata-rata skor observasi siswa pada siklus I sebesar 24 dengan kriteria baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 26 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 60,60% dengan nilai rata-rata 6,78. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 93,93% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Eksperimen meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV SD Negeri 02 tanjung kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 13:33
Last Modified: 15 Oct 2014 13:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item