UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BINGIN KUNING

Sari, Purnama and Bahar, Amrul and Yuliantini, Nani (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BINGIN KUNING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-pur-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis karangan narasi melalui penggunaan media gambar seri siswa kelas V SDN 04 Bingin Kuning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 04 Bingin Kuning yang berjumlah 34 orang (laki-laki 21 orang dan perempuan 13 orang). Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran yakni pada aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 23 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai sebesar 28 dengan katagori baik. Serta aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai sebesar 23 dengan kategori cukup dan meningkat di siklus II diperoleh nilai sebesar 29 dengan kategori baik. (2) Hasil tes kemampuan menulis karangan narasi dari 34 siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata sebesar 64,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 47,06% dan meningkat pada siklus II hasil tes kemampuan menulis karangan dari 34 siswa dengan nilai rata-rata 74,91 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 13:41
Last Modified: 15 Oct 2014 13:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item