PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Harmidi, Septin and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sep-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (34MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sep-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 04 Tanjung Kemuning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan lembar tes. Analisis data lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 26,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 35 dengan kategori baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 25 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 32 dengan kategori baik. Hasil analisis tes belajar 30% LKS dan 70% Tes pada siklus I dari 27 siswa hanya 14 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 69,65 dan ketuntasan klasikal sebesar 51,85% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,6%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Tanjung Kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 15:21
Last Modified: 15 Oct 2014 15:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item