PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELARAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN 02 KELAM TENGAH KABUPTEN KAUR

Agustin, Vera and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELARAN DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN 02 KELAM TENGAH KABUPTEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ver-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ver-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di kelas V SDN 02 Kelam Tengah Kabupten Kaur dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dimana setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Kelam Tengah Kabupten Kaur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data terdiri dari tesakhir dan pengamatan. Instrument penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes. Testertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan klasikal. Sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai untuk setiap kriteria. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini yaitu: (1) Meningkatkan aktivitas pembelajaran IPS. (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai rata-rata skor 54 dengan kriteria cukup, pada sikus II nilai rata-rata skor 72 dengan kriteriabaik. (b) Aktivitas siswa padasiklusI dengan nilai rata- rata skor 57 dengan kriteria cukup, pada siklus II nilai rata-rata 73 dengankriteria baik.(2) Meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa 70,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat diperoleh strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelasV SDN02 Kelam Tengah Kabupten Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 08:51
Last Modified: 16 Oct 2014 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item