MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD N 84 BENGKULU SELATAN

Wipindri, Wipindri and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SD N 84 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-wip-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-wip-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD N 84 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa . Instumen penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus I jumlah rata-rata skor 28 dengan kriteria baik, dan pada siklus II jumlah rata-rata skor 33,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus I jumlah rata-rata 30,5 dengan kriteria baik, dan pada siklus II jumlah rata-rata 35 dengan kriteria baik. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan 23%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pandekatan saintifik pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas IV SD N 84 Bengkulu Selatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 09:06
Last Modified: 16 Oct 2014 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item