UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 10 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Putriana, Wiwit and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 10 TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-wiw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-wiw-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan media gambar pada siswa kelas IV SDN 10 Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran2013/2014 di Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 10 Tanjung Kemuning yang berjumlah 23 siswa,yang terdiri dari 17 siswi perempuan dan 6 siswa laki-laki.Prosedur penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas .KKM yang ditetapkan di SD Negeri 10 Tanjung Kemuning adalah 60.Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes tertulis,sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan data tes dan data observasi.Analisis data menggunakan rata-rata dan persentase.Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1)meningkatnya aktivitas pembelajaran :(a)aktivitas guru di siklus 1 diperoleh rata-rata skor 37 dengan kriteria cukup dan terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan perolehan skor 45 dengan kriteria baik,(b)aktivitas siswa di siklus 1 diperoleh rata –rata skor 33 dengan kriteri cukup dan terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan perolehan skor menjadi 45,5.(2)meningkatnya hasil belajar IPS (a)Nilai LDS siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 67,5 dengan ketuntasan belajar 50% dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai LDS rata-rata 77,5 dengan ketuntasan belajar 100%.(b)Nilai tes belajar pada siklus 1 diperoleh rata –rata 58,95 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 73,91% dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 76,80 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 86,95%..Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS di SDN 10 Tanjung Kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 09:19
Last Modified: 16 Oct 2014 09:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9004

Actions (login required)

View Item View Item