Herliana, Yetti and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS V SDN 09 KAUR SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-yet-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (18MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-yet-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (18MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tanggal 11 dan 18 Desember 2013. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN 09 Kaur Selatan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan data hasil tes. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) meningkatnya aktivitas pembelajaran : (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 30 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 38 dengan kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai sebesar 18 dengan kategori kurang, siklus II meningkat menjadi 35 dengan kategori baik. (2) meningkatkan hasil belajar siswa : hasil belajar ditunjukkan dari siklus I nilai rata-rata kelas 65,29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,82%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,76 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,23%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Melalui model konstruktivisme dalam menulis puisi dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 09 Kaur Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 16 Oct 2014 09:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2014 09:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9005 |
Actions (login required)
View Item |