PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 111 BENGKULU SELATAN

Dahniarti, Zemi and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 111 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-zem-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-zem-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan dengan Menggunakan Penerapan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa. Instumen digunakan lembar observasi guru, siswa dan Tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menujukan pada siklus I hasil observasi guru sebesar 29 kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 34,5 kategori baik, hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 28,5 kriteria cukup meningkat menjadi 33,5 kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 60,33 ketuntasan belajar klasikal 53,33% meningkat pada siklus II menjadi 70 ketuntasan belajar klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 09:58
Last Modified: 16 Oct 2014 09:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item