PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Hujri, Sutiani and Karjiyati, Victoria and Wurjinem, Wurjinem (2014) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sut-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sut-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data: a) lembar observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisi skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. b) lembar tes menggunakan rumus nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian : a) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 30,5 kategori cukup, meningkat siklus II menjadi 40 kategori baik. b) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 30,5 kategori cukup, meningkat siklus II menjadi 40 kategori baik. c) Nilai kognitif diperoleh nilai rata-rata 6,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,5%, meningkat Siklus II menjadi 8,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. d) Nilai afektif pada kategori baik aspek menerima siklus I sebesar 32,5%, meningkat siklus II menjadi 71,25%. Menanggapi siklus I sebesar 22,5%, meningkat siklus II menjadi 60,0%. Menilai siklus I sebesar 17,5%, siklus II meningkat menjadi 63,75%. Mengelolah siklus I sebesar 16,25%, siklus II meningkat menjadi 65,0%. Menghayati siklus I sebesar 15,0%, siklus II meningkat menjadi 62,5%. e) Nilai Psikomotor pada kategori terampil aspek menirukan siklus I sebesar 35,0%, meningkat siklus II menjadi 67,5%. Manipulasi siklus I sebesar 33,75%, meningkat siklus II menjadi 60,0%. Pengalamiahan siklus I sebesar 33,5%, meningkat siklus II menjadi 72,5%. Artikulasi siklus I sebesar 27,5% meningkat siklus II menjadi 61,5%. f) Nilai karakter mendapat persentase terbesar kategori mulai berkembang yaitu nilai jujur siklus I sebesar 3,75%, meningkat siklus II menjadi 52,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika kelas V B SD Negeri 19 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 10:07
Last Modified: 16 Oct 2014 10:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item View Item