PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Aprianti, Tri Putri and Karjiyati, Victoria and Kustianti, Sri Ken (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-tri-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-tri-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah, observasi guru pada siklus I yakni 28,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 37,25 dengan kategori baik. Skor observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 28 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 36,25 dengan kategori baik. Diperoleh rata-rata tes sebesar 65,08 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 35,71%, pada siklus II meningkat yakni nilai rata-rata 72,41 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,14%. Persentase aspek afektif aspek menerima siklus I sebesar 51,78%, siklus II meningkat menjadi 64,28%. Aspek menanggapi siklus I sebesar 46,42%, siklus II sebesar 60,71%. Aspek menilai siklus I sebesar 41,06%, siklus II sebesar 51,78%. Aspek mengelola siklus I sebesar 30,35%, siklus II sebesar 51,78%. Aspek menghayati siklus I sebesar 32,14%, siklus II sebesar 57,13%. Aspek psikomotor menirukan siklus I sebesar 32,14, pada siklus II sebesar 49,99%. Aspek memanipulasi siklus I sebesar 30,35%, siklus II sebesar 46,42%. Aspek artikulasi siklus I sebesar 37,49%, siklus II meningkat menjadi 64,28%. Aspek pengalamiahan siklus I sebesar 26,78%, siklus II sebesar 46,42%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V B SDN 45 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 10:22
Last Modified: 16 Oct 2014 10:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9009

Actions (login required)

View Item View Item