PENERAPAN MODEL PROBLEM BESED LEARNING (PBL) BERKOLABORASI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS VI B SDN 17 KOTA BENGKULU

Agung, Yuli Mirnawati and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BESED LEARNING (PBL) BERKOLABORASI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA KELAS VI B SDN 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mir-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB) | Preview
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mir-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran Matematika siswa kelas VIB SDN 17 Kota Bengkulu menggunakan model PBL berkolaborasi dengan model kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas VIB SDN 17. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah, observasi guru pada siklus I yakni 28,25 meningkat pada siklus II menjadi 32,75 dengan kategori baik. Skor observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 28 meningkat pada siklus II menjadi 32,5 dengan kategori baik. Diperoleh rata-rata tes yakni 6,54 dengan ketuntasan belajar klasikal yakni 31,81 % meningkat pada siklus II yakni nilai rata-rata 7,43 dengan ketuntasan belajar klasikal 81,81%. Persentase aspek afektif aspek menerima siklus I 34,08%, siklus II skor 63,63%, aspek menanggapi siklus I skor 40,90% , siklus II skor 56,81%, aspek menilai siklus I skor 43,17%, siklus II skor 59,09%, aspek mengelola siklus I 36,36%, siklus II skor 56,81%, aspek menghayati mengalami peningkatan dari siklus I skor 34,04%, siklus ke II skor 61,36%. Persentase psikomotor aspek menirukan siklus I skor 40,90%, siklus II skor 56,81%, aspek manipulasi siklus I skor 34,08%, siklus II skor 59,08%, aspek artikulasi siklus I skor 40,90% siklus ke II skor 54,54%, aspek pengalamiahan siklus I skor 36,63%, siklus II skor 56,81%. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model PBL berkolaborasi dengan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika siswa kelas VIB SDN 17 kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 10:44
Last Modified: 16 Oct 2014 11:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item