PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT 50 METER PADA SISWA KELAS III SDN 99 SELUMA

Azimin, Azimin and Sutisyana, Ari and Rahmat, Agus Zainal (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT 50 METER PADA SISWA KELAS III SDN 99 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-azi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-azi.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (948kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan sprint 50 meter melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN 99 Kabupaten Seluma, (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Penjaskes siswa kelas III SDN 99 Kabupaten Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 99 Kabupaten Seluma yang berjumlah 34 orang siswa, terdiri dari 20 orang putra dan 14 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa dan hasil melakukan tes lari sprint 50 meter.Hasil penelitian menyimpulkan (1) metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 99 Seluma. Hal ini ditunjukkan pada siklus 1 memperoleh jumlah skor sebesar 768, rata-rata skor 22,68 jumlah siswa yang berhasil 19 orang siswa dengan persentase keberhasilan sebesar 55,88% meningkat pada siklus 2 dengan jumlah skor yang diperoleh sebesar 833 dengan rata-rata skor 24,5 kemudian jumlah siswa yang berhasil sebanyak 30 orang dengan persentase keberhasilan 88,23%, (2) metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dari hasil pengamatan terhadap guru dan siswa pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh skor sebesar 18 dengan kategori cukup dan aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 17 dengan kategori cukup, pada siklus 2 aktivitas guru meningkat dengan memperoleh skor sebesar 23 dengan kategori baik dan aktivitas siswa juga meningkat dengan memperoleh skor sebesar 24 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 12:13
Last Modified: 16 Oct 2014 12:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item