PENERAPAN MEDIA BANTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GULING DEPAN SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS V A SDN 1 KOTA BENGKULU

Ashandika, Doni and Sugihartono, Tono and Pujianto, Dian (2014) PENERAPAN MEDIA BANTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GULING DEPAN SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS V A SDN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-don.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-don.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan media bantu dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan siswa dalam pembelajaran guling depan senam lantai. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian class-room- action research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 orang. Yang terdiri dari 15 orang putra dan 10 orang putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami keterampilan gerakan guling depan, sehingga didapatkan nilai keterampilan pra-siklus adalah 16% (kategoricukup), 56% (kategori kurang), dan 28% (kategori kurang sekali). Pada siklus pertama dengan pembelajaran melalui penerapan media bantu didapatkan hasil rata-rata observasi aktivitas siswa adalah sebesar 5,3 (kategori cukup), observasi aktivitas guru sebesar 6,3 (kategori cukup). Sementara nilai tes keterampilan siswa adalah 4% (kategori baik sekali), 40% (kategori baik), 28% (kategori cukup), 20% (kategori kurang), dan 8% (kategori kurang sekali). Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar dimana nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 7,6 (kategori baik), nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 7,6 (kategori baik), dan nilai tes keterampilan siswa siklus II adalah 52% (kategori baik sekali), 32% (kategori baik), 4% (kategori cukup), dan 12% (kategori kurang). Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan guling depan adalah sebagai pengaruh dari penerapan media bantu pembelajaran. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media bantu dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan guling depan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Oct 2014 15:42
Last Modified: 16 Oct 2014 15:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item