UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN MEDIA YANG BERBEDA SISWA KELAS Va SD NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Anna, Eka Youndha Yoully and Arwin, Arwin and Beswaldi, Beswaldi (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DAN MEDIA YANG BERBEDA SISWA KELAS Va SD NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMp,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda dapat meningkatkan tingkat penguasaan belajar gerak dasar lari sprint dalam pembelajaran penjaskes. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode class-room Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas Va SD Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil tingkat penguasaan sebagai berikut: hasil nilai persentase guru yang didapat pada pra siklus sebesar 33,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 26,66%. Pada siklus 1 nilai persentase guru yang didapat sebesar 46,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 33,33%. Pada siklus 2 nilai persentase guru yang didapat sebesar 53,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 40,00%. Pada siklus 3 nilai persentase guru yang didapat sebesar 60,00%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 46,66%. Pada siklus 4 nilai persentase guru yang didapat sebesar 73,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 60,00%. Pada siklus 5 nilai persentase guru yang didapat sebesar 86,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 73,33%. Pada siklus 6 nilai persentase guru yang didapat sebesar 93,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 86,66%. Meningkatnya tingkat penguasaan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lari sebagai pengaruh dari penerapan pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain dan media yang berbeda dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar lari siswa kelas Va SD Negeri 3 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Oct 2014 09:59
Last Modified: 17 Oct 2014 09:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9035

Actions (login required)

View Item View Item