PENERAPAN METODE MODIFIKASI MEDIA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD N 09 KETAHUN

Sasongko, Fitter Arip and Sihombing, Santun and Sugiyanto , Sugiyanto (2014) PENERAPAN METODE MODIFIKASI MEDIA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS V SD N 09 KETAHUN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran penerapan metode modifikasi media olahraga dapat meningkatkan hasil lompatan dan teknik lompat jauh gaya jongkok. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09 Ketahun yang berjumlah 36 orang. Yang terdiri dari 22 siswa putra dan 14 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami gerakan sehingga nilai hasil lompatan untuk siswa putra adalah 68,2% kategori cukup dan 31,8% kategori kurang. Sedangkan putri adalah 14,3% kategori baik, 28,6% kategori cukup dan 57,1% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan metode modifikasi hasil lompatan siswa putra dengan kategori baik sebesar 13,6%, kategori cukup 81,8% dan kategori kurang 4,5%. Sedangkan siswa putri 27,6% kategori baik, 55,5% kategori cukup,dan 16,7 kategori kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil lompatan siswa putra 9,1% kategori baik sekali, 81,8% kategori baik, dan 9,1% kategori cukup. Sedangkan siswa putri 35,7% kategori baik sekali, 50% kategori baik dan 14,3% kategori cukup. Kemudian teknik lompat jauh pada pra-siklus siwa sebesar 5,5% 4 siswa kategori baik, 38,9% 14 siswa kategori cukup, 44,4% 16 siswa kategori kurang, dan 11,1% 4 siswa kategori kurang sekali. Pada siklus pertama 27,6% 10 siswa kategori baik, 55,5% 20 siswa kategori cukup, 16,7% 6 siswa kategori kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan teknik siswa 13,9% 5 siswa kategori baik sekali, 61,1% 22 siswa kategori baik, dan 25% 9 siswa kategori cukup. Meningkatnya hasil lompatan dan teknik siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok sebagai pengaruh dari penerapan metode modifikasi. Berdasarkan hasil dari siklus kesatu dan siklus kedua maka disimpulkan bahwa penerapan metode modifikasi terbukti dapat meningkatkan hasil lompatan dan teknik lompat jauh gaya jongkok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Oct 2014 11:24
Last Modified: 17 Oct 2014 11:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item View Item