UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE DEMONSTRAS DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 PADANG JAYA

Krisdianto, Krisdianto and Sugiyanto , Sugiyanto and Insanistyo, Bayu (2014) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE DEMONSTRAS DALAM PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 1 PADANG JAYA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-kri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-kri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan teknik servis atas bola voli dalam pembelajaran penjas. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode penelitian Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Padang Jaya yang berjumlah 27 orang. Yang terdiri dari 12 siswa putra dan 15 siswa putri. Hasil penelitian keterampilan teknik servis pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami gerakan sehingga nilai keterampilannya untuk siswa putra adalah 16,66% baik, 16,66% cukup, 25% kurang, dan 41,66% kurang sekali. Sedangkan putri adalah 6,66% baik, 60% cukup, 20% kurang dan 33,33% kurang sekali. Pada siklus pertama dengan penerapan metode demonstrasi keterampilan siswa putra dengan kategori baik sebesar 25%, kategori cukup 33,33% dan kategori kurang 41,66%. Sedangkan siswa putri 33,33% kategori baik, 26,66% kategori cukup, 26,66% kategori kurang dan 13,33% kurang sekali. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siswa putra 8,33% kategori baik sekali, 58,33% kategori baik, dan 33,3% kategori cukup. Sedangkan pada siswa putri yaitu 13,33% kategori baik sekali, 46,66% kategori baik dan 40% kategori cukup. Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan servis atas adalah merupakan pengaruh dari penerapan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan keterampilan servis atas bola voli

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Oct 2014 15:49
Last Modified: 17 Oct 2014 15:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9052

Actions (login required)

View Item View Item