Terisdo, Redo and Sugihartono, Tono and Yarmani, Yarmani (2014) PENERAPAN TEKNIK BANTUAN SENAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOPSTAND DALAM SENAM KETANGKASAN PADA SISWA KELAS V SD N 48 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-red.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-red.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan teknik bantuan senam pada pembelajaran senam ketangkasan dapat meningkatkan keterampilan kopstand?. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode class-room Action Research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 48 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 orang. Yang terdiri dari 20 siswa putra dan 9 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa nilai keterampilan siswa adalah 5,03 kategori kurang dengan ketuntasan belajar 17,24%. Pada siklus pertama dengan penerapan teknik bantuan senam, keterampilan kopstand siswa sebesar 6,65 kategori cukup dengan ketuntasan belajar 55,72%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,62 kategori baik dengan ketuntasan belajar 75,89%. Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan gerakan kopstand sebagai pengaruh dari penerapan teknik bantuan senam. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan teknik bantuan senam terbukti dapat meningkatkan keterampilan kostand dalam senam ketangkasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 10:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2014 10:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9064 |
Actions (login required)
View Item |