MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN

Abraham, Ridho El and Sutisyana, Ari and Yarmani, Yarmani (2014) MENINGKATKAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI KELAS VIII.6 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan model pembelajaran kecepatan dan kelincahan menggiring bola dalam permainan sepakbola melalui pendekatan lingkungan pada kelas VIII.6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dimana pada siklus I dan siklus II dilakukan empat tahap pelaksanaan yaitu 1) Perencanaan, 2) Aksi atau Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek peneltian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMPN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 orang siswa, tempat penelitian dilakukan di wisata Pantai Panjang dan lapangan SMPN 4 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya meningkatkan kecepatan dan kelincahan menggiring bola pada permainan sepakbola di kelas VIII.6 SMPN 4 Kota Bengkulu dengan menggunakan pendekatan lingkungan, pada pra siklus hasil nilai rata-rata keterampilan tes kecepatan dan kelincahan menggiring bola pada permainan sepakbola adalah 46,6 dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 35,3%. Pada siklus I hasil nilai rata-rata keterampilan tes kecepatan dan kelincahan menggiring bola pada permainan sepakbola menjadi 50,5 dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 55,9%, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswanya 60%, serta nilai rata- rata nilai aktivitas guru adalah 70%. Pada siklus II hasil nilai rata-rata keterampilan tes kecepatan dan kelincahan menggiring bola pada permainan sepakbola menjadi 56,5 dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 76,5%, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswanya 80%, serta nilai rata-rata nilai aktivitas guru adalah 100%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendekatan lingkungan wisata Pantai Panjang dapat meningkatkan kecepatan dan kelincahan menggiring bola pada permainan sepakbola di kelas VIII.6 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Oct 2014 10:39
Last Modified: 20 Oct 2014 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item