UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK KUDA MELALUI PENERAPAN VARIASI LATIHAN BERPASANGAN DALAM SEPAKTAKRAW DIKELAS VIII 7 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Rinaldo , Rinaldo and Syahrial , Syahrial and Sugiyanto , Sugiyanto (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SEPAK KUDA MELALUI PENERAPAN VARIASI LATIHAN BERPASANGAN DALAM SEPAKTAKRAW DIKELAS VIII 7 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari lima langkah penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan revisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan variasi metode latihan berpasangan pada permainan sepaktakraw dapat meningkatkan keterampilan sepak kuda di kelas VIII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 33 orang yang terdiri dari 19 jumlah orang siswa laki-laki dan 14 jumlah siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta tes keterampilan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan tes evaluasi siswa dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Hasil persentase observasi aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 54,45 %, siklus 2 adalah 67,27 % dan siklus 3 adalah 72,57 %. Persentase observasi aktivitas guru pada siklus 1 adalah 60 %, siklus 2 adalah 66,66 % dan siklus 3 adalah 80 %. Hasil rata-rata persentase tes pada siklus 1 adalah 6,4242, pada siklus 2 yaitu 7,33, dan pada siklus 3 yaitu 7,7272. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan variasi berpasangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sepak kuda serta mampu menumbuhkan kegembiraan dan memotivasi siswa dalam belajar. Faktor yang sangat mempengaruhi peningkatan ini adalah penguasaan materi dan penggunaan alokasi waktu oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Oct 2014 10:48
Last Modified: 20 Oct 2014 10:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9068

Actions (login required)

View Item View Item