PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELUMA

Handayani, Try Beva and Pujianto, Dian and Sugiyanto , Sugiyanto (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SD Negeri 01 Seluma. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan 2 siklus. Dalam penerapan model pembelajaran resiprokal pembelajaran memfokuskan peneliti dalam bentuk tindakan-tindakan untuk mengetahui hasil suatu kegiatan yang dilakukan. Disamping itu pembelajaran yang dilaksanakan secara sistematis, logis dan teliti . Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar pengamatan dan tes keterampilan. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk menguji kesesuaian tes dengan kriteria menggunakan hitungan keberhasilan belajar rata-rata kelas. Setelah penelitian selesai dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan lompat jauh dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa dengan kriteria baik yang terdapat pada pra siklus hanya 6 siswa dengan porsentase ketuntasan 16,7 %. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar siswa yang memperoleh kriteria baik yaitu 14 siswa dengan porsentase ketuntasan 38,9 % dan meningkat pada siklus II yaitu 27 siswa dengan porsentase 75 %. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Oct 2014 14:35
Last Modified: 20 Oct 2014 14:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item