UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS VI SDN 02 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH

Abron, Heri and Sofino, Sofino and Yarmani, Yarmani (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS VI SDN 02 PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-her-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (40MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-her-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tolak peluru melalui penerapan metode latihan dan meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode latihan pada siswa kelas VI SDN 02 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 02 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa dan peningkatan aktivitas guru serta aktivitas siswa dalam pembelajaran Penjaskes di kelas VI SDN 02 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 67,51, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 74,1, dan meningkat pada kategori berhasil pada siklus ke-3 sebesar 77,6. Untuk ketuntasan belajar kelas juga mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 34,29 %, meningkat di siklus kedua sebesar 60 %, dan meningkat dalam kategori berhasil di siklus ketiga sebesar 86,71 %. Aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Skor aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh sebesar 7 dengan kategori sedang, kemudian meningkat di siklus kedua sebesar 10 dalam kategori baik, dan terakhir meningkat lagi pada siklus 3 dengan kategori baik. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh sebesar 6 dalam kategori sedang, kemudian meningkat di siklus 2 sebesar 8 kategori baik, dan meningkat lagi di siklus 3 sebesar 9 dengan kategori baik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Latihan pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Tolak Peluru siswa kelas VI SDN 02 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 27 Oct 2014 09:35
Last Modified: 27 Oct 2014 09:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9135

Actions (login required)

View Item View Item