MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN PERATURAN DOUBLE DRIBBLE PADA MATER PELAJARAN BOLA BASKET MELALUI METODE PERMAINAN MODIFIKASI DI KELAS VIIB SMP NEGERI 02 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Saputra, Jaya and Syafrial, Syafrial and Bahar, Amrul (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN PERATURAN DOUBLE DRIBBLE PADA MATER PELAJARAN BOLA BASKET MELALUI METODE PERMAINAN MODIFIKASI DI KELAS VIIB SMP NEGERI 02 KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-jAY-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (31MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-jay-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (31MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar pemahaman peraturan double dribble pada materi pelajaran bola basket melalui metode permainan modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kabawetan Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki, 17 orang siswa perempuan dan seorang guru pendidikan jasmani dan kesehatan. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta tabel hasil tes pemahaman peraturan double dribble siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa serta melakukan tes praktik terhadap pemahaman peraturan double bribble siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terdiri dari hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata nilai sebesar 3,33 dalam katagori penilaian cukup pada siklus II meningkat menjadi rata-rata nilai 3,89 dalam katagori penilaian baik, hasil observasi aktivitas siswa siklus I rata-rata nilai 3,11 dalam katagori penilaian cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,89 dalam katagori penilaian baik, hasil tes pemahaman siswa terhadap peraturan double dribble pada siklus I rata-rata jumlah pelanggaran double dribble yang dilakukan seluruh siswa sebanyak 7,2 kali menurun di siklus II menjadi 2,8 kali, dari hasil-hasil yang diperoleh tersebut disimpulkan dengan penerapan metode permainan modifikasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan peningkatan pemahaman siswa terhadap peraturan double dribble dalam permainan bola basket siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kabawetan Kabupaten Kepahiang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 27 Oct 2014 11:44
Last Modified: 27 Oct 2014 11:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item