PENERAPAN METODE BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 10 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG TAHUN AJARAN 2013/2014

Meiyuzar, Mahmuda and Bahar, Amrul and Syafrial, Syafrial (2014) PENERAPAN METODE BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 10 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mah-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mah-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa melalui metode bola gantung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki, 12 orang siswa perempuan dan seorang guru pendidikan jasmani dan kesehatan. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta tabel hasil tes kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa serta melakukan tes praktik terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terdiri dari hasil observasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata nilai sebesar 3,25 dalam katagori penilaian cukup pada siklus II meningkat menjadi rata-rata nilai 4,11 dalam katagori penilaian baik, hasil observasi aktivitas siswa siklus I rata-rata nilai 3,00 dalam katagori penilaian cukup meningkat pada siklus II menjadi 4,00 dalam katagori penilaian baik, hasil tes kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siklus I rata-rata jarak yang diperoleh sejauh 1,20 Meter meningkat di siklus II menjadi 1,43 Meter, dari hasil-hasil yang diperoleh tersebut disimpulkan dengan penerapan metode bola gantung dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas IV SD Negeri 10 Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 27 Oct 2014 15:34
Last Modified: 27 Oct 2014 15:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item