PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 41 SELUMA

Aini, Zesnatul and Sofino, Sofino and Yarmani, Yarmani (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 41 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-zes-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-zes-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan passing bawah melalui penerpan metode drill dalam pembelajaran bola voli pada siswa kelas IV SDN 41 Seluma, (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran bola voli melalui metode drill di kelas IV SDN 41 Seluma. Jenis Penelitian ini adalah PTK dengan jumlah Subjek penelitian adalah 25 orang siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran drill dalam pembelajaran penjaskes dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 41 Seluma dalam melakukan passing bawah bola voli. Hasil tes kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah bola voli pada siklus 1 rata-rata sebesar 6,68 meningkat pada siklus 2 sebesar 7,24. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus 1 sebanyak 15 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 60% kategori belum berhasil kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 21 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 84% kategori berhasil, (2) Penerapan metode pembelajaran drill dalam pembelajaran penjaskes dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 41 Seluma. Hal ini dapat di lihat dari hasil pengamatan terhadap guru dan siswa pada siklus 1 aktivitas guru memperoleh niilai sebesar sebesar 16 dengan kriteria cukup dan aktivitas siswa menunjukkan nilai sebesar 12 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus 2 aktivitas guru meningkat dengan memperoleh nilai sebesar 20 dengan kriteria baik dan aktivitas siswa juga meningkat dengan memperoleh nilai sebesar 18 dengan kriteria baik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 28 Oct 2014 14:37
Last Modified: 28 Oct 2014 14:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9175

Actions (login required)

View Item View Item