Thomas, Albertce Rolando and Herlina , Muria and Osira, Yessilia (2014) ANALISIS STANDAR PELAYANAN DI PANTI ASUHAN AL-MUBARAK KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-alb-FS.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-alb-FS.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Standar pelayanan merupakan ukuran yang telah ditentukan sebagai suatu pembakuan pelayanan yang baik. Suatu instansi dapat dikatakan memiliki standar pelayanan yang prima jika instansi tersebut mampu memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Berdasarkan dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka yang menjadi permasalahan pokok penelitian adalah bagaimana standar pelayanan di Panti Asuhan Al-Mubarak Kota Bengkulu? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pelayanan di Panti Asuhan Al- Mubarak Kota Bengkulu. Penelititan ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Sasaran pada penelitian ini adalah lembaga panti asuhan Al-Mubarak dengan informan sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1 orang pengurus panti, 4 orang pengasuh dan 3 orang anak asuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan panti asuhan Al-Mubarak di Kota Bengkulu kurang maksimal, hal ini dapat dilihat dari lima tahap yang ada terdapat 23 tahapan, dari keseluruhan tahapan tersebut terdapat 8 tahapan yang pelaksanaannya belum maksimal, tahapan tersebut meliputi : (1) Konferensi Kasus pada tahap Pendekatan Awal, (2) Konferensi Kasus pada tahap Pengungkapan dan Pemahaman Masalah, (3) Penetapan Jenis Kebutuhan Yang Dibutuhkan Klien pada tahap Perencanaan Pelayanan, (4) Sumber Daya Yang Akan Digunakan pada tahap Perencanaan Pelayanan, (5) Bimbingan Individu pada tahap Pelaksanaan Kegiatan, (6) Bimbingan Pelatihan Keterampilan pada tahap Pelaksanaan Pelayanan, (7) Bimbingan Fisik Kesehatan pada tahap Pelaksanaan Kegiatan, dan (8) Pembinaan Lanjutan pada tahap Pasca Pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menyarankan untuk dilakukan peningkatan pelayanan agar lebih maksimal dengan cara penambahan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, dan peningkatan pelayanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 28 Oct 2014 15:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2014 15:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9182 |
Actions (login required)
View Item |