PERSEPSI SISWA PADA PENOKOHAN FILM KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS EPISODE JELLYFISHING (STUDI KASUS PADA SDN. 69 KOTA BENGKULU)

Apriawan, Zikri and Budiman, Dwi Aji and Makhrian, Andi (2014) PERSEPSI SISWA PADA PENOKOHAN FILM KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS EPISODE JELLYFISHING (STUDI KASUS PADA SDN. 69 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-zik-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-zik-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa Pada Penokohan Film Kartun Spongebob Squarepants Episode Jellyfishing” bertujuan untuk mengetahui karakter penokohan apa saja yang terkandung dalam film kartun Spongebob Squarepants episode Jellyfishing dan untuk mengetahui persepsi anak pada penokohan film kartun Spongebob Squerpants episode Jellyfishing dalam Realitas kode John Fiske. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i kelas 5 SDN.69 Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik sampling purposif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara dan pengumpulan data yang telah jadi ataupun diolah oleh pihak lain seperti buku, majalah, maupun artikel online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/i kelas 5 SDN.69 Kota Bengkulu sudah bisa membedakan, mengelompokkan, memfokuskan, mengenal objek, dan mempersepsikan pada penokohan film kartun Spongebob Squarepants episode Jellyfishing yang mana persepsi siswa dilihat dari kode televisi john fiske pada level pertama yaitu Level Realitas, yakni: a) kostum (dress), yaitu anak-anak lebih cenderung menyukai kostum yang dikenakan oleh Spongebob; b) cara berbicara (speech), yaitu cara berbicara yang baik itu pada tokoh Spongebob dan yang buruk pada tokoh Squidward; c) ekspresi (exspression), meliputi ceria, sedih, kesal, maupun kecewa; d) karakter (character), yakni pemarah, penyabar, pemaaf, peduli dan setia; e) perilaku (behaviour), terdapat perilaku baik dan buruk, dan setiap anak mengungkapkan pemaknaan yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 28 Oct 2014 15:57
Last Modified: 28 Oct 2014 15:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item