PERSEPSI KONSUMEN DALAM MEMILIH MAKANAN CEPAT SAJI (STUDI DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC SUPRAPTO KOTA BENGKULU)

Daulay, Virginita and Arrianie, Lely and Supriyanto, Heri (2014) PERSEPSI KONSUMEN DALAM MEMILIH MAKANAN CEPAT SAJI (STUDI DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC SUPRAPTO KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-vir-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-vir-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern ini perkembangan akan makanan semakin berkembang. Salah satunya memilih untuk makan makanan cepat saji. Pemilihan ini dikarenakan makanan cepat saji menawarkan kepraktisan dan status tertentu bagi konsumennya. Konsumen makanan cepat saji terdiri dari bebarapa kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku memilih konsumen KFC yang dimulai dari proses persepsi konsumen sehingga memilih untuk makanan cepat saji dan beberapa pertimbangan konsumen dalam memilih makanan cepat saji. Manfaat dari penelitian ini antara untuk mengetahui persepsi konsumen dalam memilih makanan cepat saji melalui tahapan perseptual (sensasi, atensi, interpretasi). Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang persepsi konsumen dalam memilih makanan cepat saji di Restoran cepat saji KFC Suprapto Kota Bengkulu. Informan dalam penelitian ini adalah konsumen KFC yang dipilih melalui teknik snowball sampling (bola salju). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen terpusat pada individu yang mengambil keputusan melalui proses persepsi (mengenai rasa, kemasan dan restoran). Dalam hal rasa, persepsi konsumen menunjukkan bahwa KFC mempunyai rasa yang enak, sehingga konsumen menyukai produk ini. Sedangkan kemasan dianggap praktis dan efisien. Restoran yang ditampilkan dengan gaya Barat serta tata ruang yang elok memberi dampak adanya bentuk simbolisasi dan gaya hidup modern. Sedangkan perilaku memilih yang berhubungan dengan tahapan terakhir dalam mempersepsi (interpretasi) didasarkan pada beberapa pertimbangan (harga, kenyamanan dan lingkungan sosial). Harga tidak menjadi masalah karena konsumen yakin harga produk ini sesuai dengan kualitas yang didukung didalamnya. Kenyamanan memberi peran penting sehingga konsumen merasa leluasa duduk berlama-lama di KFC. Lingkungan sosial menjadi pemicu konsumen untuk memilih makanan cepat saji, terutama teman sepermainan (Peer Grup) yang memberi pengetahuan akan keberadaan makanan ini dan mampu menularkan kebiasaan bagi para konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 29 Oct 2014 09:08
Last Modified: 29 Oct 2014 09:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9194

Actions (login required)

View Item View Item