Putri , Ryza Cahya Utami and Andreswari, Desi and Erlansari, Aan (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE FUZZY MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING MODEL YAGER (STUDI KASUS : SMP IT IQRA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ryz-FT.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,II-14-ryz-FT.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM) Yager pada sebuah aplikasi seleksi penerimaan siswa baru sekolah menengah pertama sebagai sistem pendukung keputusan. Metode FMADM Yager digunakan untuk memperoleh nilai akhir berupa urutan kelulusan pendaftar pada proses seleksi. Setelah fuzzifikasi data bekerja dengan FMADM Yager melakukan perbandingan berpasangan yang berdasarkan pada nilai kepentingan antar atribut, melakukan penentuan nilai bobot (W), pemangkatan, dan perangkingan hasil akhir. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini berupa nilai rekomendasi sebagai pendukung keputusan kelulusan seleksi penerimaan siswa baru yang disajikan dalam bentuk perangkingan. Pengujian dilakukan secara hitungan manual dibandingkan dengan hasil FMADM Yager. Hasil menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan FMADM Yager adalah sesuai dengan hasil pertimbangan penentuan kelas yang dilakukan secara manual, tetapi dengan melakukan penilaian atas mutu data dan perangkingan yang terotomatisasi secara fuzzy.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 12:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2014 12:47 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9221 |
Actions (login required)
View Item |