ANALISA PENGARUH BUKAAN KATUP GAS (THROTLLE) TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH STUDI KASUS HONDA GX-160

Pratama , Aldi Nata and Hendra, Eng and Sofwan, A (2014) ANALISA PENGARUH BUKAAN KATUP GAS (THROTLLE) TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH STUDI KASUS HONDA GX-160. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ald-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ald-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh bukaan katup gas (throttle) terhadap performa motor bakar. Performa yang akan dianalisa meliputi torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik (sfc). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa maksimal yang dapat dihasilkan pada setiap variasi bukaan katup gas. Pengujian ini dilakukan dengan mesin 4 langkah Honda GX-160 , mengunakan alat uji dinamometer jenis rem dan mengunakan bahan bakar premium. Data yang diambil adalah putaran mesin, gaya yang terukur pada dinamometer serta waktu menghabiskan bahan bakar. Pengujian dilakukan di Laboratorium Konversi Energi Teknik Mesin Universitas Bengkulu. Pengujian dilakukan dengan memberikan variasi pembebanan dengan pengereman hingga diperoleh kecepatan putaran mesin tertentu pada variasi bukaan katup gas. Variasi putaran mesin dimulai pada putaran maksimal tanpa pembebanan, kemudian diberi beban hingga putaran mesin menurun pada putaran mesin tertentu. Variasi bukaan katup gas pada pengujian adalah 40 %, 50%, 60 %, 70% dan 80 %. Dari hasil pengujian diketahui torsi tertinggi dihasilkan pada putaran 1600 rpm sebesar 7,655 Nm, daya tertinggi pada putaran 1900 rpm sebesar 1,391 kW dan konsumsi bahan bakar spesifik terendah sebesar 0,576 kg/kWh pada bukaan katup gas 80 %. Pada variasi bukaan katup gas ternyata semakin besar bukaan katup gas maka nilai torsi dan daya yang dihasilkan semakin tinggi. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar cenderung rendah pada putaran rendah pada setiap variasi bukaan katup.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Oct 2014 13:31
Last Modified: 29 Oct 2014 13:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9223

Actions (login required)

View Item View Item