PENGARUH PENAYANGAN IKLAN “GOSOK-GOSOK BERHADIAH” MINUMAN RINGAN ALE-ALE DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN 40 KOTA BENGKULU)

Fahlefi, Deva and Harahap, Machyudin Agung and Firmansyah, Mas Agus (2014) PENGARUH PENAYANGAN IKLAN “GOSOK-GOSOK BERHADIAH” MINUMAN RINGAN ALE-ALE DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN 40 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-dev-FA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,I-14-dev-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh iklan gosok-gosok berhadiah minuman ringan ale-ale di televisi terhadap minat beli siswa di SDN 40 Kota Bengkulu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN 40 Kota Bengkulu sejumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel adalah (Proportional random sample). Analisis yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Penayangan Iklan “gosok-gosok berhadiah” minuman ringan ale-ale mempunyai pengaruh terhadap minat beli siswa hal ini di peroleh dari hasil uji f dimana Nilai f hitung untuk variabel (X) yakni variabel pengaruh penayangan iklan “gosok-gosok berhadiah” minuman ringan ale-ale berdasarkan uji koefisien determinasi, Ternyata nilai fhitung > ftabel, atau 11.328 > 4,057, Maka H0 ditolak dan H1 diterima atau signifikan, artinya adalah adanya pengaruh iklan gosok-gosok berhadiah minuman ringan Ale-ale ditelevisi terhadap minat beli siswa SDN 40 Kota Bengkulu dengan presentase sebanyak 20,1 % (Persen). Artinya pengaruh penayangan iklan tersebut rendah Sedangkan sisanya yaitu 79,9 % (100% - 20,1%) dijelaskan oleh faktor-faktor penyebab lainnya yaitu pemberian hadiah saat pembelian produk, harga yang relatif murah, adanya varian baru dengan kemasan yang menarik dan penayangan iklan pada sela-sela acara. Dengan kata lain besarnya pengaruh penayangan iklan terhadap daya minat adalah sebesar 20,1 % sedangkan sisanya sebesar 79,9 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar model regresi ini. Besarnya pengaruh faktor lain disebut sebagai error (e). Dari persamaan tersebut, diperoleh konstanta sebesar 1.267 artinya menyatakan bahwa ada pengaruh iklan gosok-gosok berhadiah minuman ringan Ale-ale di televisi terhadap minat beli siswa, pengaruh iklan gosok-gosok berhadiah minuman ringan Ale-ale di televisi terhadap minat beli siswa sebesar 1.267. Koefisien regresi sebesar 0.636 menyatakan setiap penambahan (tanda +) satu poin iklan gosok-gosok berhadiah minuman ringan Ale-ale di televisi diprediksi meningkatkan pengaruh terhadap minat beli siswa sebesar 0. 636.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 30 Oct 2014 10:49
Last Modified: 30 Oct 2014 10:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9253

Actions (login required)

View Item View Item